التقييم الأصيل (Authentic Assessment) في تعليم مهارة القراءة للغة العربية

Authors

  • Anis Zunaidah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Imro’atus Solikah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Indonesia
  • Kojin Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia

Keywords:

penilaian otentik, pembelajaran keterampilan membaca

Abstract

Banyak siswa lulusan dari MA masih merasa kesulitan membaca teks berbahasa Arab, baik teks dari buku, koran, majalah, situs web atau lainnya. Salah satu faktor yang memengaruhi adalah lemahnya penilaian yang hanya berorientasi pada kognitif. Penilaian otentik yang bersifat komprehensif sangat penting diterapkan dalam pembelajaran keterampilan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, penerapan, pengolahan, pelaporan, dan pemanfaatan penilaian otentik dalam pembelajaran keterampilan membaca. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan penilaian otentik dalam pembelajaran keterampilan membaca Kurikulum 2013 di MAN 1 dan MAN 2 Tulungagung adalah dengan pemetaan Kompetensi inti dan dasar sesuai silabus, tema, dan, waktu; indikator sesuai silabus; bobot soal sesuai kesepakatan MGMP; instrumen penilaian sesuai panduan; kriteria ketuntasan minimal sesuai kebijakan masing-masing sekolah. Penerapannya dengan teknik penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pengolahan nilai terdiri dari pengolahan angka dan deskripsi. Pelaporan dengan mengumpulkan nilai kepada wali kelas, rapat antara wakil kepala sekolah dan semua guru, pelaporan kepada wali siswa dengan menyajikan tiga macam nilai secara terpisah. Pemanfaatannya adalah pembelajaran berorientasi pada proses, keterampilan, dan kejujuran; penyerapan mufrodat dan tata bahasa, sebagai motivasi agar siswa berani membaca teks Arab, perbaikan diri, mengetahui kemampuan yang sebenarnya, sebagai acuan pertimbangan untuk jenjang studi selanjutnya.

Author Biography

Imro’atus Solikah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Indonesia

Assaamu'alaikum,

Kami melakukan submit paper INCOIS dan sudah kami presentasikan. Mohon koreksi. Terima kasih.

Wassalamu'alaikum.

References

Albantani, Azkia Muharom, ‘مستويات تعلم وتعليم اللغة العربية عند رشدي أحمد طعيمة’, Arabiyat, 1.1 (2014)

Arifin, Muhamad Zainal, Muladi Muladi, and Fath Faizal Mubarok, ‘Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Jaringan Dasar Untuk SMK Kelas X Semester II Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Berdasarkan Kurikulum 2013’, TEKNO, 27.2 (2019) <https://doi.org/10.17977/um034v27i2p125-132>

Fitri, Agus Zainul, ‘إستراتيجية التقييم الشامل في تعليم التربية الإسلامية الموجّه إلى إنشاء الشخصية الكاملة’, Jurnal Pendidikan Islam, 1.1 (2016) <https://doi.org/10.15575/jpi.v1i1.617>

Hanifah, Umi, and Imam Mahmudi, ‘Thathbiq Al-Taqyim Al-Waqi’i Bi Al-Manhaj Al-Dirasi 2013 Fi Ta’lim Al-Lughah Al-‘Arabiyah’, Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4.2 (2020) <https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1792>

Indriana, Dina, ‘Evaluasi Pembelajaran Dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Al-Ittijah : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab, 10.2 (2018) <https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v10i02.1245>

Khoiriyah, Hidayatul, ‘Metode Qırā’ah Dalam Pembelajaran Keterampılan Reseptıf Berbahasa Arab Untuk Pendıdıkan Tıngkat Menengah’, لسـانـنـا(LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 10.1 (2020) <https://doi.org/10.22373/ls.v10i1.7804>

Kosasih, Engkos, Strategi Belajar Dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Yrama Widya, 2014

Kunandar, Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Pesrta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013, Jurnal Evaluasi Pendidikan, 2015

Rathomi, Ahmad, ‘Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qıra’ah Melaluı Pendekatan Saıntıfık’, Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8.1 (2019) <https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4315>

Rukmini, Dwi, and Lenggahing Asri Dwi Eko Saputri, ‘The Authentic Assessment to Measure Students’ English Productive Skills Based on 2013 Curriculum’, Indonesian Journal of Applied Linguistics, 7.2 (2017) <https://doi.org/10.17509/ijal.v7i2.8128>

Susani, Rosendi Galih, ‘The Implementatıon Of Authentıc Assessment In Extensıve Readıng’, International Journal of Education, 11.1 (2018) <https://doi.org/10.17509/ije.v11i1.9113>

Downloads

Published

2021-12-30